Manfaat Spa Baby

January 6, 2013 Balita 1 tahun, Bayi, Tumbuh Kembang

Spa baby atau lebih dikenal dengan baby spa atau pijat bayi saat ini sedang populer. Rangkaian baby spa dimulai dari renang, pijat dan senam khusus bayi (biasanya dilakukan pada bayi di atas 1 tahun ke atas). Jika Anda belum berani untuk melakukan baby spa sendiri di rumah, Anda bisa membawa bayi Anda ke tempat-tempat baby spa yang kini mudah di temui. Anda bisa belajar terlebih dahulu dengan mengamati prosesnya di tempat bayi Anda melakukan baby spa. Kemudian Anda bisa mempraktekkannya di rumah.

Tahap pertama dari baby spa adalah berenang. Bayi Anda akan direndam di air hangat di dalam kolam mini berukuran 60 sampai 100 meter dengan menggunakan pelampung yang dipasang di lehernya. Anda tak perlu mengkhawatirkan keselamatan si kecil karena selama berenang, bayi Anda akan didampingi oleh satu orang terapis. Bayi Anda akan dibiarkan bergerak sesukanya kurang lebih selama 20 menit. Fungsi berenang ini adalah untuk melatih anak untuk berani mencoba hal-hal baru. Perhatikan kondisi si kecil pada menit-menit pertamanya berenang, jika dia terlihat ketakutan Anda jangan memaksa meneruskan berenang. Anda bisa mencobanya lain kali.

Tahap kedua adalah memijat. Setelah lelah berenang, saatnya bayi Anda merasakan nyamannya dipijat. Proses memijat pada bayi sebetulnya sama dengan pijatan pada orang dewasa. Hanya saja kebutuhannya disesuaikan dengan kondisi bayi. Fungsi pijatan bagi bayi adalah untuk membantu bayi Anda tetap rileks, terhindar dari gangguan pencernaan, lebih lelap tidurnya, merangsang sensor motorik kasar dan halus bayi dan menjalin kedekatan antara Ibu dan anak jika pijatan ini dilakukan sendiri di rumah.

Meski pijatannya sama dengan pijatan orang dewasa, tapi memijat bayi harus dengan lembut karena tulang bayi masih sangat lunak. Alur pemijatan juga disesuaikan dengan peredaran darah dan metabolisme tubuh bayi. Sangat dianjutkan melakukan baby spa di tahun pertama si kecil karena beberapa manfaat baby spa diantaranya adalah membuat anak lebih rileks, lebih percaya diri, lebih mudah bergaul, lebih ceria dan lebih sehat.

Ada empat hal yang ingin dikembangkan dari baby spa yaitu melatih kemampuan motorik kasar, motorik halus, kemampuan sosial dan pengembangan bahasa pada anak.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum dilakukan baby spa diantaranya adalah jangan lakukan baby spa satu jam setelah si kecil makan dan jangan dilakukan saat jam tidurnya karena anak cenderung rewel jika waktu tidurnya terganggu. Sebuah penelitian yang dilakukan Torch Research Institute di University Miami School of Medicine dikatakan babi spa dapat membantu kenaikan berat badan pada bayi prematur jika dilakukan pemijatan rutin. 45 persen bayi prematur yang melakukan pijat bayi selama tiga kali sehari selama 10 hari berturut-turut.

Related Posts with Thumbnails

Tags:



Related Post

Comments (1)

 

  1. SETUJU.. Baby spa sangat bermanfaat untuk bayi.. Makasih infonya..

Leave a Reply