Mengajarkan Anak Gosok Gigi

December 8, 2012 Tumbuh Kembang

Tahukah Anda bahwa hanya 20 persen dari penduduk dunia -termasuk anak-anak- yang bisa menggosok giginya dengan baik dan benar? Ya, karena menggosok gigi yang benar membutuhkan waktu yang cukup lama yakni 5 menit. Dan kebanyakan orang hanya menggosok gigi kurang dari 1 menit. Padahal, menggosok gigi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi. Terlebih menjaga kesehatan gigi sejak dini yakni sejak masa anak-anak.

Menggosok gigi akan membantu mengurangi radang gusi, gigi berlubang dan karang gigi. Biasanya aktifitas menggosok gigi dilakukan usai makan. Bagi anak-anak menggosok gigi dilakukan juga usai dia mengunyah permen atau makanan manis lainnya seperti coklat. Kebanyakan orang tua mengalami kesulitan dalam mengajarkan anak untuk rajin gosok gigi. Tidak mudah memang pada awalnya tapi Anda perlu mencobanya. Berikut ini adalah tips agar anak Anda mau menggosok gigi.

1. Biarkan anak-anak gosok gigi di waktu yang sama agar hal ini menjadi sebuah rutinitas.

2. Biarkan anak-anak memilih sendiri sikat giginya. Di super market sudah banyak model sikat gigi khusus anak-anak dengan gambar atau tokoh favorit anak.

3. Berikan anak-anak pilihan, apakah akan menggosok sendiri giginya atau dibantu oleh Anda.

4. Berikan buku cerita yang berkaitan dengan pentingnya gosok gigi. Bacakan cerita tersebut saat anak sedang bermain atau menjelang tidur.

5. Saat menggosok gigi, berikan pasta gigi sedikit saja karena tanpa disadari anak-anak kerap menelan pasta gigi saat menggosok gigi. Pemberian pasta gigi yang terlalu banyak akan membahayakan gigi susu anak.

6. Gantilah sikat gigi anak setiap3 bulan sekali.

7. Periksa kesehatan gigi anak tiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Related Posts with Thumbnails

Tags:



Related Post

Leave a Reply