Mengatasi Anak Susah Makan

September 18, 2012 Tumbuh Kembang

Anak susah makan menjadi keluhan mayoritas di kalangan para bunda. Kebanyakan dari mereka mengkhawatirkan asupan gizi yang cukup ke tubuh si kecil mengingat rata-rata anak-anak membutuhkan energi yang besar untuk aktifitas hariannya. Sebetulnya, Anda tidak perlu khawatir jika si kecil menolak makanan yang Anda tawarkan. Simak yuk tips berikut ini:

Kenali penyebabnya

Biasanya, anak susah makan karena sedang mengalami hal tertentu di dalam dirinya. Misalnya sedang sariawan, gejala flu atau batuk, tumbuh gigi atau gusi bengkak. Jika anak Anda menolak makan jangan terburu-buru memvonis kalau anak Anda susah makan. Cek mulut dan suhu tubuhnya. Karena jangankan anak-anak, orang dewasa pun akan mengalami penurunan nafsu makan jika sedang tidak enak badan atau sariawan.

Hargai Anak

Hargai anak jika memang sedang tidak mau makan. Mungkin anak Anda bosan dengan menu yang itu-itu saja. Anda bisa mensiasatinya dengan membentuk makanan dengan bentuk-bentuk yang unik seperti di bento ala Jepang. Pelatihan dan buku manual bagaimana membuat sajian unik agar makanan Anda dilirik anak sudah banyak lho di toko buku.

Berikan Makanan Sedikit tapi Sering

Anak-anak membutuhkan energi yang besar untuk aktifitas sehari-harinya. Biasanya anak yang susah makannya hanya makan sedikit dari porsi biasanya. Di sini kreatifitas Anda kembali diuji, Anda bisa memberikan makanan tinggi kalori dan protein dengan porsi sedikit tapi sering. Misalnya, makanan utama sebanyak 3 kali yaitu pagi, siang dan sore atau malam. Camilan bisa diberikan 3-4 kali dalam porsi kecil. Pemberian kalori yang tinggi ditujukan agar anak Anda tidak ketinggalan berat badan sesuai dengan usianya.

Kalau anak Anda menolak makan nasi, Anda bisa mencari alternatif lain pengganti nasi misalnya singkong, ubi, labu parang dan buah-buahan berkalori tinggi seperti alpukat dan mangga. Untuk proteinnya Anda bisa memberikan susu, keju, telur, ayam dan daging.

Biarkan Anak Makan Sendiri

Kadang, anak-anak mulai usia 1 tahun sudah menolak untuk disuapi. Ijinkan dia untuk memakan sendiri makanannya. Tidak apa-apa jika lantai menjadi kotor dan anak blepotan makanan. Anda bisa membersihkan lantai tersebut sesudah anak makan bukan?

Related Posts with Thumbnails

Tags:



Related Post

Comments (2)

 

  1. eka says:

    wah emang kalau anak udah susah makan kita jadi bingung ya bun

Leave a Reply