Manfaat Oralit

June 11, 2012 Balita 1 tahun, Balita 2 tahun, Balita 3 tahun, Balita 4 tahun, Balita 5 tahun, Bayi, Tumbuh Kembang

Bingung dan panik saat si kecil terserang diare? bunda pasti belum tahu atau mungkin lupa dengan serbuk yang bisa menolong jutaan manusia saat terserang diare. Ya, ia adalah oralit.  Oralit merupakan salah satu obat terpenting yang harus bunda miliki dalam kotak obat-obatan di rumah. Karena oralit merupakan campuran garam eletrolit seperti natrium klorida (NaCl), kalium klorida (KCl) dan trisodium sitrat hidrat serta glukosa anhidrat.

Oralit biasa digunakan saat diare sebagai pengganti cairan dan elektrolit dalam tubuh yang terbuang melalui tinja. Oralit berfungsi mencegah si penderita diare dari dehidrasi. Dehidrasi akibat diare bisa menjadi fatal loh jika tidak ditangani dengan segera. Meski air dapat mencegah dehidrasi namun air tidak mengandung elektrolit. Untuk itu, saat si kecil terserang diare, berikan oralit sebagai pertolongan pertamanya. Tapi harus diingat, oralit bukan bersifat menyembuhkan diare tetapi hanya menggantikan cairan tubuh yang hilang bersaam dengan tinja si kecil sehingga si kecil tidak dehidrasi.

Oralit diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Campuran glukosa dan garam yang terkandung dalam oralit sangat baik diserap oleh usus penderita diare karena ion natriumnya memiliki fungsi alosterik atau berhubungan dengan penghambat enzim karena bergabung dengan molekul lain.

Kandungan garam dapat meningkatkanpengangkutan dan meninggikan daya absorbsi gula melalui membran sel. Sementara gula dalam larutan NaCl berkhasiat meningkatkan penyerapan air pada dinding usus dengan kuat. Daya serapnya bisa mencapai 25 kali lebih baik dari biasanya sehingga dehidrasi pada penderita diare bisa diatasi dengan cepat oleh serbuk ajaib ini.

Dimana bunda bisa memperoleh oralit? oralit banyak dijual di apotek, di puskesmas dan rumah sakit. Pembuatan oralit ini juga mudh. Sediakan air sebanyak 200 cc, pastikan oralit kemasan masih dalam bubuk kering, masukkan satu bungkus oralit dalam air di gelas dan aduk oralit hingga larut dan segera berikan pada si kecil,.

Pemberian oralit juga ada aturannya. Bila si kecil berusia di bawah 1 tahun, berikan si kecil 10-200 cc cairan oralit tiap kali buang air besar. Di atas 1 tahun berikan 100-200 cc. Bila si kecil menolak atau memuntahkan cairan oralit, tunggu sekitar 5-10 menit dan berikan oralit sedikit demi sedikit.

Jika saat si kecil terserang diare dan persediaan oralit kemasan bunda habis, jangan khawatir karena oralit bisa dibuat sendiri. Siapkan 1 sendok teh garam, 8 sendok teh gula dan 1 liter air matang. Rumus ini dikenal dengan rumus 181. Obat sederhana ini mampu menyelamatkan jutaan nyawa anak akibat dehidrasi karena diare. Penanganan yang tepat akan membantu pulihnya kesehatan si kecil. Jika dalam tiga hari kondisi si kecil tak kunjung membaik, segera bawa si kecil ke rumah sakit terdekat.

Related Posts with Thumbnails

Tags:



Related Post

Leave a Reply