Perkembangan Kemampuan Bicara Anak

July 15, 2011 Tumbuh Kembang

bayi bicaraUsia 0 – 3 bulan

Bayi mulai menunjukkan reaksi terhadap bunyi-bunyian yang didengarnya. Dia akan mencari sumber bunyi tersebut. Bayi akan memberikan perhatian terhadap suara musik atau nyanyian yang didengarnya.

Usia 3 – 6 bulan

Bayi mulai memandang orang yang berbicara kepadanya. Bayi mulai dapat tertawa dan mengeluarkan suara yang menandakan suara hatinya seperti ketika gembaira atau sedih. Bayi akan mendengarkan suara yang dikenalinya.

Usia 6 – 8 bulan

Bayi mulai dapat mengucapkan satu suku kata seperti Ma, Pa. bayi akan menjerit  atau mengoceh untuk diberi perhatian. Bayi dapat menanggapi pembicaraan. Bayi mulai memahami kata-kata yang sering diucapkan.

Usia 9 -14 bulan

Kata-kata yang pertama dapat diucapkan bayi pada usia 10 – 20 bulan. Bayi akan berbicara dalam konteks yang dia pahami dan mudah diucapkan. Contohnya bayi akan mengucapkan “ayah” pada saat bayi melihat ayahnya keluar rumah.

Bayi akan memperluas arti sebuah kata melebihi yang seharusnya untuk minta perhatian ibunya karena bayi merasa yakin bahwa ibunya akan memahami apa yang dimaksudkannya. Penambahan kata-kata baru bayi akan berjalan secara perlahan pada bulan berikutnya.

Bayi mulai mengurangi sekelompok bunyi konsonan yang sukar diucapkan supaya kata-katanya mudah diucapkan. Tahapan bayi dalam menyusun kata-kata yang akan diucapkan jauh lebih lama dibandingkan dengan proses pemahamannya. Sebagai orangtua, kita harus sabar dan terus merangsang anak supaya berusaha mengeluarkan kata-kata yang mudah diucapkan.

Usia 15 – 18 bulan

Anak dapat melaksanakan instruksi sederhana secara runtut seperti segera memberikan mainan yang dipegang ketika kita memintanya

Anak dapat mengucapkan kalimat sederhana yang terdiri dari dua suku kata seperti “dah bis” (sudah habis)

Anak dapat menyebutkan tiga anggota badan seperti mata, rambut dan telinga

Usia 18 – 24 bulan

Anak memahami kalimat yang relatif panjang dan dapat memahami penjelasan kita

Anak dapat menirukan cara dan gaya kita ketika sedang berbicara

Anak dapat menyebut namanya sendiri jika menginginkan sesuatu

Anak mampu berbicara dengan kalimat yang terdiri dari dua kata seperti kaka pipi atau kaka minum

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , ,



Related Post

Leave a Reply