Cara Menghentikan Tangis Bayi

July 13, 2011 Bayi

tangis bayiBingung karena bayi menangis terus? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan tangisan bayi.

  • Gendong
    Gendonglah bayi dalam posisi tegak lurus dengan perut menempel di dada ibu. Ayun-ayunkan dan tepuk punggungnya dengan lembut. Jaga emosi supaya ibu tidak marah karena bayinya minta perhatian lebih. Bawa bayi berjalan-jalan mengelilingi ruangan atau ke ruangan lain untuk menarik perhatiannya. Bisa juga dengan meletakkannya di kereta bayi dan mendorongnya perlahan.
  • Usap dan sapa
    Dalam kondisi tertentu, bayi dapat ditenangkan hanya dengan sentuhan ibu tanpa harus menggendongnya. Bayi membutuhkan kasih saying dan perhatian lebih. Bayi dapat tenang hanya dengan ditepuk-tepuk pantatnya atau diusap-usap punggungnya sambil mendengarkan senandung lembut ibunya.
  • Beri sesuatu untuk dihisap
    Salah satu sumber kegelisahan bayi adalah merasakan mulut kering. Bayi akan menjadi tenang dengan menghisap sesuatu.
  • Alihkan perhatiannya
    Ibu dapat mengalihkan perhatian dengan memperlihatkan sesuatu yang menarik sehingga ia lupa pada tangisannya. Berikanlah barang atau mainan yang menarik minatnya.
  • Tunggu amarahnya reda
    Ibu tidak selalu dapat menenangkan bayi yang frustasi. Cobalah lebih santai jangan terpancing emosi. Jangan terpaku untuk menghentikan tangisnya jika tidak menemukan sesuatu yang serius atau sesuatu yang salah.
  • Yakin
    Tangisan bayi menuntut perhatian ibu sebagai orangtuanya. Cobalah bangkitkan rasa percaya diri sendiri. Kadang-kadang ibu cemas dan gugup pada saat bayi tidak kunjung berhenti menangis. Ingatlah bahwa ketegangan ibu akan menular kepada bayinya. Bayi dapat merasakannya dari otot-otot lengan ibu yang mengeras saat menggendongnya ataupun dari raut wajah ibu yang menunjukkan kecemasan.
  • Terima pertolongan ketika ditawarkan
    Sebuah pelepasan tanggung jawab akan mengurangi rasa cemas. Ibu akan merasa lebih enak setelah satu atau dua jam kemudian.
  • Ternyata bayi sakit
    Jika ibu curiga tangisannya disebabkan oleh penyakit tertentu, segeralah periksakan anak ke dokter.
Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , ,



Related Post

Leave a Reply