Pertolongan Pertama Pada Balita

June 14, 2011 Balita 1 tahun, Balita 2 tahun, Balita 3 tahun

pertolongan pertamaBermain kadang menyebabkan kecelakaan kecil. Pada saat terjadi kecelakaan ringan, kenali peristiwa secara detail, berikan pertolongan pertama dan segera bawa ke dokter dan terutama JANGAN PANIK!.

  • Memastikan apa yang ditelan dalam mulut
    Periksalah hingga ke dalam mulut. Jepitlah kedua belah pipi anak dengan jari dan bukalah mulutnya. Periksalah dengan tenang benda asing apa dan ada dimana.
  • Apabila sudah tertelan
    Jika benda asing yang tertelan itu masih tersisa dalam mulut, keluarkan perlahan-lahan dengan memasukkan jari. Ada kemungkinan benda yang tersisa terdorong sampai ke mulut bagian dalam, sangatlah berbahaya jika berusaha dengan paksa mengorek benda asing yang berada di mulut bagian dalam.
    Jika bisa untuk dimuntahkan, bukalah mulut anak lebar-lebar, tekan lidah yang terdapat di bagian paling dalam dan berusahalah membantu anak untuk memuntahkan benda tersebut. Jika tindakan tersebut menimbulkan gejala shock dan kejang-kejang segeralah bawa anak ke rumah sakit.
  • Apabila menyumbat tenggorokan
    Bukalah mulut anak dengan jari tengah dan telungkupkan anak. Gunakan telapak tangan, tepuklah-tepuklah dengan keras daerah antara tulang belikat sebanyak 5 kali. Usahakan tepukan mendorong ke arah atas. Segera bawa ke rumah sakit jika anak berwajah pucat atau susah bernafas.
Related Posts with Thumbnails

Tags:



Related Post

Leave a Reply