Permainan Anak yang Aman dan Mendidik

June 5, 2011 Tumbuh Kembang

anak bermainBermain merupakan cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar tentang apa saja yang bisa mereka kerjakan di sekitar mereka. Permainan dan mainan yang sesuai dengan perkembangan anak-anak akan mendorongnya berlatih dan memberikan kesenangan.

Permainan adalah suatu pekerjaan yang penuh kesungguhan hati dan timbul dari kodratnya. Anak-anak sehat tentu suka bermain sedangkan anak yang tidak suka bermain mungkin tidak berbadan sehat.

Saat memberikan mainan bagi anak-anak, orangtua harus mencarikan permainan yang tepat dan sesuai dengan umurnya.  Syarat mainan anak adalah :

  • Mainan terbuat dari bahan yang aman
  • Tidak boleh ada bagian yang tajam sehingga bisa melukai
  • Mudah dicuci dan tidak mengandung bagian yang mudah terlepas
  • Memiliki warna-warna tua dan mencolok

Umur 3-4 bulan. Bayi mulai diberi mainan misalnya bola rajutan dengan warna-warna yang mencolok, mainan dengan bunyi-bunyian.

Umur 5-6 bulan. Bayi yang sudah pandai memegang dan meraba-raba diberi mainan agar bisa memegang dan meraba misalnya benda dari karet atau kain.

Umur 7-9 bulan. Gerakan jari-jari bayi sudah lebih bisa dikuasai sehingga bayi bisa memegang dan menarik-narik segala sesuatu yang dekat dengannya. Berilah kubus-kubus balok dari kayu yang beraneka warna, bola, binatang-binatang dari kain yang ditaruh dalam box.

Umur 10-12 bulan. Anak mulai belajar jalan sejauh beberapa langkah. Berilah permainan yang bisa bergerak agar ia dapat menarik mainan tersebut. Contohnya mobil-mobilan, kereta-keretaan atau bola karet yang bisa dilempar.

Umur 1-2 tahun. Anak sudah pandai berjalan dan berlari kecil serta sudah memiliki keinginan untuk mengetahui apa saja yang ada disekitarnya sehingga ia senang sekali membongkar laci atau lemari. Berilah mainan kotak yang berisi baju, balok-balok kecil atau perkakas rumah tangga berbentuk kecil seperti meja, kursi, sapu dan sebagainya.

Umur 3 tahun. Kubus-kubus balok beraneka warna, kotak berisi kertas berwarna dan pensil warna sangat menarik perhatian anak pada umur 3-4 tahun. Kesempatan-kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan dan mengadakan percobaan dengan keterampilan baru akan menolong dalam belajar dan menghiburnya.

Lakukan hal berikut ini untuk mendapatkan lingkungan aman untuk anak :

  • Menyimpan alat pembersih rumah tangga, obat-obatan jauh dari jangkauan anak, lebih baik tersimpan dalam lemari yang terkunci.
  • Menutup lubang saluran listrik
  • Simpan kabel pemasak air jauh dari jangkauan anak atau gunakan pemasak air tanpa kabel
  • Jauhkan barang-barang berbahaya dari jangkauan anak
  • Pagari benda berbahaya seperti kolam renang, api, alat pemanas dan tangga
Related Posts with Thumbnails

Tags: , ,



Related Post

Comments (1)

 

  1. Betul sekali…Memang sulit melepaskan anak dari permainan, yang terpenting kita bisa memberi mainan yang baik untuk anak.
    Mungkin kita bisa saling share, visit back yaa….^_^

Leave a Reply