Perkembangan Bayi Bulan 0 – 6

June 4, 2011 Bayi

bayi 0-6 bulanPada usia 0-6 bulan, gerakan bayi masih didominasi oleh reflex yang sudah dikuasainya sejak di dalam kandungan.

Gerakan yang paling umum adalah reflex Moro, yaitu gerakan tiba – tiba seolah bayi dijatuhkan, tangan dan kakinya akan terangkat ke atas. Refleks ini akan hilang pada usia 5-6 bulan. Gerakan reflex Moro yang terlalu sering bisa jadi indikasi bahwa anda memperlakukan bayi terlalu kasar.

Gerakan lain yang sangat penting bagi perkembangan bayi di usia 0-6 bulan adalah reflex menghisap (sucking), reflex menelan (swallowing) dan reflex untuk mencari sumber (rooting). Gerakan menelan dan menghisap tentu sangat berperan dalam proses menyusui. Tetapi tidak hanya itu gunanya. Refleks sucking dan swallowing juga membuat bayi merasa nyaman, karena pada saat ia ada di dalam kandungan, bayi juga menelan air ketuban.

Anda dapat melakukan stimulasi reflex menghisap pada bayi anda dengan cara mengusap lembut pipi bayi, lakukan hal ini maka bayi akan berpaling ke arah usapan anda dengan mulut siap menghisap. Setelah itu, arahkan putting payudara ke langit – langit mulutnya. Stimulasi ini juga akan melatih bayi untuk mengenali sumber makanannya yaitu payudara anda.

Related Posts with Thumbnails

Tags: ,



Related Post

Leave a Reply