Terapi Bicara Anak 9 – 12 Bulan

May 29, 2011 Balita 1 tahun, Bayi, Tumbuh Kembang

bayi bicaraUsia 9 – 12 bulan adalah masa meniru pada anak – anak. Ia mula senang menirukan bunyi, gerakan dan emosi orang – orang di sekitarnya. Pada usia ini, anda dapat melakukan stimulasi untuk merangsang kemampuan bicara anak anda.

Caranya :

  • Bercerita. Anda dapat menceritakan kegiatan anda, membuat cerita karangan sendiri, atau sekedar membacakan buku cerita pada anak anda. Meskipun ia belum bisa mengerti isi cerita, tetapi kegiatan ini dapat membantunya mengenali ekspresi, menambah kosa – kata, dan terutama cara mengucapkannya.
  • Bermain mimik wajah.  Perlihatkan berbagai ekspresi lucu sambil membuat huruf vocal. Misalnya anda katakana “aaa” sambil membuka mulut lebar – lebar, ucapkan “oooo” sambil memasang ekspresi terkejut, dan seterusnya. Dijamin si kecil akan tertawa terbahak – bahak sambil meniru cara anda mengucapkan huruf vocal dengan jelas.
  • Ajak si kecil berbicara dalam kegiatan apapun. Sebutkan benda – benda yang ada disekitarnya. Misalnya, saat anda memandikan si kecil, ucapkan “sabun” sambil menunjukkan sabun, “air” saat anda mengucurkan air ke tubuh si kecil, dan seterusnya.
  • Ucapkan setiap kata dengan benar, jangan gunakan bahasa bayi agar anak anda meniru setiap kata dengan benar.
  • Gunakan buku. Perlihatkan buku bergambar, beri penjelasan mengenai gambar tersebut.
  • Kegiatan – kegiatan di atas mungkin tidak akan anda petik hasilnya secara instan. Tetapi stimulasi yang benar dapat anda rasakan manfaatnya saat si kecil berusia 2 tahun. Ia akan memiliki kemampuan lisan yang lebih daripada anak – anak yang tidak mendapatkan stimulasi.
Related Posts with Thumbnails

Tags: ,



Related Post

Leave a Reply