Cara Membuat Anak Dekat Dengan Ayah (1)

May 31, 2011 Tumbuh Kembang

anak dan ayahHasil riset para psikolog menyatakan bahwa peran ayah sangat penting dalam perkembangan seorang anak. Ikatan emosional ayah dengan anak ditentukan salah satunya oleh interaksi antara ayah dan anak itu sendiri.

Interaksi yang baik antara keduanya sangat mempengaruhi emosional seorang anak yang membuatnya tumbuh menjadi sosok dewasa yang berhasil.

Berikut kiat-kiat bagi ayah agar tetap dekat dengan anak :

  • Sering membelai perut istri ketika hamil.
    Seorang suami terlibat dalam pembuahan sel telur sehingga istri bisa mengandung. Masa kehamilan selama 9 bulan bisa dipergunakan untuk mempersiapkan diri menjadi seorang ayah. Peran aktif seorang ayah yaitu dengan membelai perut istri, ikut persiapan persalinan mulai dari senam kehamilan, membaca buku-buku kehamilan dan cara merawat bayi, belanja bersama untuk menyambut kelahiran sang bayi dan menemani istri pada saat persalinan.
  • Aktif merawat bayi.
    Biarkan ayah ikut merawat dan mengasuh dengan gaya sendiri. Bunda bisa memberikan dukungan dan dorongan agar ayah semakin percaya diri saat merawat bayinya.
  • Bermain bersama.
    Lewatkan waktu bersama untuk bermain, membaca buku atau melakukan aktivitas yang menyenangkan bagi bayi mulai merangkak, belajar berbicara atau berjalan.
  • Terlibat dalam pergaulan anak.
    Usahakan untuk terlibat dalam kehidupan sosial anak dengan mengenali misalnya nama teman-temannya, dengan siapa bergaul, aktivitas yang dilakukan bersama teman atau gurunya. Ketika anak mulai memasuki usia sekolah, dia akan memasuki kehidupan sosial yang baru.
Related Posts with Thumbnails

Tags: , ,



Related Post

Leave a Reply