Pola Makan Gizi Seimbang

December 10, 2010 Balita 5 tahun

Asupan gizi seimbang dari makanan memegang peranan penting dalam proses pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak. Dibarengi dengan pola makan yang baik dan teratur yang perlu diperkenalkan sejak dini, antara lain dengan pengenalan jam-jam makan dan variasi makanan dapat membantu mengkondisikan kebutuhan akan pola makan sehat pada anak.

Pola makan sehat memastikan anak mendapatkan asupan gizi yang diperlukannya secara utuh dalam satu hari. Jadwal yagn disarankan adalah sebagai berikut:
* Pagi hari waktu sarapan.
* Pukul 10.00 sebagai selingan. Tambahkan susu.
* Pukul 12.00 pada waktu makan siang.
* Pukul 16.00 sebagai selingan
* Pukul 18.00 pada waktu makan malam.
* Sebelum tidur malam, tambahkan susu.

Jangan lupa untuk membiasakan bayi dan balita menggosok gigi dua kali sehari, terutama sebelum tidur.

Pada usia balita, anak mulai memiliki daya ingat yang kuat dan tajam, sehingga apa yang diterimanya akan terus melekat erat sampai usia selanjutnya.

Dengan memperkenalkan anak pada jam-jam makan yang teratur dan variasi jenis makanan, diharapkan anak akan memiliki disiplin makan yang baik. Pola makan yang baik semestinya juga mengikuti pola gizi seimbang, yaitu pemenuhan zat-zat gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan diperoleh melalui makanan sehari-hari. Dengan makan makanan bergizi seimbang secara teratur, diharapkan pertumbuhan anak akan berjalan optimal. Disadari maupun tidak, Anda sedang mengajarkan pola hidup teratur dan sehat pada anak sejak dini.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , ,



Related Post

Leave a Reply