Tips Jika Anak Lambat Bicara

October 6, 2010 Balita 1 tahun

Di rentang usia satu hingga satu setengah tahun anak mulai mencoba mengucapkan kata-kata pertama. Si kecil mulai memilih kata-kata untuk menyatakan keinginannya dibanding dengan tangisan seperti sebelumnya. walaupun perkembangan anak berbeda, namun umumnya pada usia 12 – 15 bulan, rata-rata anak sudah bisa mengucapkan satu atau bebr3apa kata sederhana seperti “dada” dan “mama”.

Keinginan anak untuk menyampaikan kebutuhan dan perasaannya dengan kata-kata belum sebanding dengan tingkat kemampuan bahasanya. Hal inilah yang kadang menimbulkan frustasi pada si kecil, dan terkadang orang tua pun mengalami hal yang sama.

Ikuti tips dibawah ini untuk mengoptimalkan perkembangan bahasanya:

  • Ajak anak untuk sering berkomunikasi dalam suasana yang menyenangkan, misalnya membaca buku cerita tokoh kesayangannya, bermain tebak-tebakan dan sebagainya.
  • Tidak menggunakan bahasa “bayi”, misalnya mengucapkan “susu” menjadi “cucu”.
  • Koreksi pengucapan anak dengan cara yang lembut dan tidak berkesan menyalahkan. Misalnya saat anak berkata “cucu”, anda dapat meresponnya dengan berkata “oh, Dede mau susu ya?”
  • Ajak anak bernyanyi atau membacakannya cerita untuk menambah kosa kata
  • Meminta si kecil untuk berusaha mengucapkan kata dengan benar sebelum memberikan apa yang diminta
  • memberi contoh si kecil untuk memahami perintah sederhana, misalnya dengan mengatakan apa yang anda akan lakukan dan mengajaknya melakukan hal tersebut bersama.

Perlu diingat:  Jika di usia 18 bulan si kecil belum bisa mengatakan sepatah kata pun, atau belum bisa memahami perintah sederhana, atau pun dapat menunjukkan anggota tubuh yang ditanyakan, segera temui dokter anak anda dan diskusikan apakah perlu merujuk seorang psikolog atau Spesialis Tumbuh Kembang.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , ,



Related Post

Comments (1)

 

  1. rachmat says:

    wah terima kasih buat artikelnya. kadang memang orant tua masih belum bener caranya, “semisal kalau orang tua juga pake bahasa bayi…..makasih buat infonya

Leave a Reply