Tips Merawat Bayi Rewel di Malam Hari

September 27, 2010 Bayi

Bayi mungil kadangkala seringkali menangis tanpa sebab. tapi apakah benar tanpa sebab? Waspadai jika bayi menjadi sering menangis atau rewel lebih sering dari biasanya. Perhatikan tanda-tanda tubuh, kebiasaan yang berubah atau jika ia terlihat tidak nyaman.

Ada enam hal yang perlu diwaspadai jika bayi menagis atau rewel di malam hari dan tips yang dapat dilakukan untuk menenangkannya:

  1. Haus atau lapar: bayi tumbuh setiap hari, mungkin saja ia perlu tambahan asupan makanan atau susu lebih dari biasanya. Cobalah untuk memberi minum atau susu menjelang tidur hingga si mungil dapat merasa kenyang dalam waktu yang lama
  2. Buang air besar: bayi dapat buang air besar 5 – 10 kali sehari, dan masih wajar. Ini disebabkan sistem pencernaan yang belum berkembang sempurna. Amati popoknya dan ganti segera jika ia buang air besar. Bersihkan dengan teliti dengan kapas dan keringkan dengan handuk hingga kering.
  3. Berkeringat atau merasa gerah: bersihkan keringat bayi dengan washlap dan air hangat. Ganti bajunya yang nyaman dan menyerap keringat
  4. Kedinginan: bayi cepat merasa perubahan suhu udara, terutama di telapak tangan dan kakinya. Kenakan sarung tangan, kaus kaki dan selimut saat tidur, terutama dalam ruangan ber AC. Pastikan suhu AC dalam kamar antara 18-20 derajat C. Amati tingkat kenyamanan bayi, beberapa mungkin terbiasa tidur di ruangan yang lebih hangat.
  5. Merasa terganggu: angkat dan dekap bayi sambil dininabobokan. Anda dapat memutar lagu yang berirama tenang, lampu ruangan yang redup dan cukup hangat. Beberapa bayi mungkin merasa kehilangan dengan bunyi-bunyian yang biasa ia dengar, misalnya bunyi AC, kulkas atau percik air. Absennya suara-suara tersebut dapat menyebabkan bayi rewel.
  6. Kolik: jika si kecil menangis terus menerus, dan terdengar kesakitan ada kemungkinan ia terserang kolik. Gendong bayi dalam posisi rebah di dada anda, dan elus-elus atau tepuk-tepuk punggungnya. Kadangkala gerakan teratur ketika kita melangkah sambil menggendongnya membuat si kecil merasa nyaman dan tertidur kembali.

[kontributor: muti dewo]

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , ,



Related Post

Leave a Reply