Menyapih Anak

September 4, 2010 ASI

Anak dapat dikatakan sudah disapih ketika ia berhenti menyusui dan mendapatkan semua kebutuhan nutrisinya dari berbagai sumber selain susu ibunya.

Menyapih anak terutama jika merupakan keinginan ibu sendiri (bukan keinginan anak secara alami) membutuhkan banyak kesabaran dan cukup menyita waktu, tergantung dari usia bayi atau balita anda serta seberapa cepat dan seberapa baik mereka menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Pengalaman menyapih anak tidak dapat disamakan antara satu dan yang lainnya.

Menyapih anak bukanlah berarti akhir dari kedekatan hati anak dan ibu. Menyapih hanya berarti mengganti air susu ibu (ASI) dengan sumber makanan dan cara makan dengan sumber dan cara makan yang lain. Jika terbiasa menyusui anak untuk memberinya rasa nyaman maka ibu harus menemukan cara lain untuk membuat anak merasa nyaman, misal : membacakan buku atau bernyanyi bersama atau bermain bersama.
Kapankah sebaiknya menyapih anak? Ibu adalah penentu terbaik kapan seharusnya anak disapih. Ibu tidak perlu menetapkan tenggat waktu jika ibu dan anak masih belum siap. American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar anak-anak mendapatkan ASI setidaknya sampai usia setahun. Tidak ada yang namanya waktu yang baik atau buruk untuk menyapih.
Lakukan proses menyapih secara perlahan dan bertahap. Menjauhi bayi atau balita dalam rangka menyapih bukanlah cara yang baik.

Cobalah cara-cara berikut ini :

  • Lewatkan 1 kali jadwal menyusui dan lihat apa yang terjadi. Tawarkan segelas atau sebotol susu sebagai gantinya, bisa berupa ASI perah, susu formula atau susu sapi (jika usia anak lebih dari 1 tahun). Dengan cara mengurangi jadwal menyusui sedikit demi sedikit, anak akan mempunyai kesempatan untuk menyesuaikan diri dan suplai ASI di payudara juga berkurang secara alami sehingga tidak mengakibatkan radang atau infeksi payudara.
  • Kurangi durasi waktu menyusui, jika biasanya 5 menit maka dikurangi menjadi 3 menit. Setelah menyusui lanjutkan dengan memberikan kudapan yang disesuaikan dengan usianya, misal : applesauce atau segelas susu.
  • Cobalah untuk menunda waktu menyusui dan alihkan perhatiannya.

Jika proses menyapih menjadi perjuangan yang sulit dan tidak ada tips yang bisa digunakan maka mungkin sekarang bukan waktu yang tepat untuk menyapih anak. Biasanya anak akan sulit disapih jika anak sedang berada dalam kondisi penyesuaian dengan lingkungan baru atau baru saja sembuh dari sakit atau ada perubahan besar, misal : pindah rumah atau perceraian. Tunda dulu niat untuk menyapih anak, cobalah lagi bulan depan. Cepat atau lambat, waktunya akan tiba.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , ,



Related Post

Leave a Reply