Perlukan Bayi dan Balita Berenang?

August 8, 2010 Tumbuh Kembang

Manfaat berenang dalam proses tumbuh kembang bayi dan balita

Ketakutan orang tua untuk mengajak bayi dan balita bermain di kolam renang mungkin suatu yang berlebihan. Selama 9 bulan di kandungan, bayi sudah terbiasa cairan di sekeliling tubuhnya. Karena itulah sejak lahir bayi telah mempunyai kemampuan instingtif untuk bergerak dibawah air dan tidak takut saat berada di dalam air.

Aktifitas berenang diajarkan pada bayi sejak dini ternyata memberikan banyak manfaat bagi bayi dan balita dalam beberapa aspek, diantaranya:

Manfaat untuk perkembangan fisik
Dengan bermain di air, otot-otot bayi berkembang dan persendiannya tumbuh secara optimal, sehingga tubuh bayi bertumbuh dengan baik dan menjadi lebih lentur. Semua komponen tubuh akan terlatih saat berenang karena seluruh anggota tubuh digerakkan walaupun belum dengan teknik yang sempurna.

Manfaat bagi kecerdasan
Di Jerman pernah dilakukan penelitian yang hasilnya menyatakan bahwa bayi yang dilatih berenang sejak dini mempunyai kemampuan berkonsentrasi yang tinggi, serta memiliki kecerdasan dan perilaku sosial yang baik, yang terlihat pada saat usia taman kanak-kanak.
Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa anak yang dilatih berenang pada masa tiga bulan pertama usianya tidak hanya berpotensi menjadi anak berbakat tapi juga menampakan kecerdasan intelektual yang lebih tinggi daripada rata-rata anak seusianya.

Hasil penelitian di Melbourne, Australia menunjukan secara statistic IQ anak-ank yang diajarkan berenang sejak masih bayi lebih tinggi dibanding rata-rata anak seusianya yang tidak diajar berenang atau baru diajarkan berenang setelah berusia 5 tahun. Anak-anak tersebut diukur IQnya saat berusia 10 tahun.

Manfaat bagi kecerdasan sosial
Anak-anak yang berlatih renang sejak dini akan lebih mudah bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Hasil tersebut merupakan pengaruh dari proses belajar berenang dimana si kecil memperoleh berbagai pengalaman baru dengan mudah. Pengalaman pengalaman inilah yang meningkatkan kepercayaan diri dan kemandiriannya.

Dengan semua manfaat di atas, masih kan anda merasa tidak perlu mengajak si kecil pergi berenang?

Sumber: Majalah Bebi, edisi 6

[kontributor: muti dewo]

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , , ,



Related Post

Comments (2)

 

  1. Fryda says:

    saya sih bawa anak saya spa dan berenang di mom n jo yang ada di dharmawangsa. Anaak2 kan butuh banyak diberi sentuhan dan aktifitas yang merangsang sarafnya, makanya massage dan renang adalah pilihan yg tepat buat saya. kenapa mom n jo? Disana bersih dan nyaman. Airnya diganti terus setiap anak selalu dapat air baru dan bebas kaporit. jangan lupa massage nya juga mom, penting banget bikin bayi lahap makan dan bobonya nyenyak :)

  2. baju bayi says:

    mulai usia berapa bisa belajar berenang?

Leave a Reply