Kemampuan Motorik Kasar Anak usia 1 tahun

August 23, 2010 Balita 1 tahun

Pada usia 1 tahun mulai semakin banyak keterampilan yang dikuasai anak. Pada awal usia satu tahun, anak semakin aktif bergerak dan mencoba hal-hal baru yang membutuhkan aktifitas motorik baik kasar maupun halus.

Dukungan orang tua sangat besar untuk menumbuhkan minat baru pada anak karena di usia inilah saat yang tepat untuk memperkenalkan anak akan berbagai keterampilan baru. Pastikan anak mempunyai ruang gerak yang cukup dan aman hingga tidak menghambatnya melakukan aktifitas motorik. Hindari ruangan yang membahayakan seperti terlalu banyak furnitur, pernak pernik yang gampang pecah atau lantai yang licin. Dengan demikian anak tidak akan terlalu sering mendengar kata “jangan” yang dapat menyebabkan ia malas untuk mencoba hal baru.

Salah satu parameter perkembangan anak pada kurun waktu ini adalah kemampuan berjalan. Pada usia empat belas bulan umumnya kemampuan berjalan anak telah mencapai 90%. Segera berkonsultasi pada dokter spesialis anak jika pada usia ini anak belum menunjukan kemampuan berjalan sesuai usianya.

Apa saja kemampuan motorik kasar anak usia 1 – 1.5 tahun? Antara lain adalah;

  • Berdiri sambil berpegangan
  • Berdiri tanpa berpegangan
  • Mencoba berjalan sambil berpegangan
  • Berjalan sendiri beberapa langkah tanpa bantuan
  • Berjalan tanpa terjatuh
  • Menaruh bola dalam kotak
  • Menggelindingkan bola

Perhatikan aktifitas Balita satu tahun anda, dan catat perkembangannya. Ingatlah bahwa setiap anak mempunyai tahap-tahap tumbuh kembang yang berbeda.

Sumber: Diary tumbuh kembang anak usia 0 – 6 tahun. Fitri Ariyanti dkk. Read! Publishing House. 2007.

[kontributor: muti dewo]

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , ,



Related Post

Leave a Reply