Kapan Usia Bayi yang Tepat untuk Berenang?

August 29, 2010 Bayi

Bayi dan balita umumnya sangat gemar bermain air. Selain itu manfaat berlatih berenang sangat besar dalam proses tumbuh kembang bayi, baik untuk perkembangan fisik serta kecerdasan si kecil. Menurut para ahli, anak-anak yang terbiasa berenang sejak dini mempunyai tingkat kecerdasan yang diatas rata-rata.

Namun demikian, kapan usia bayi yang tepat untuk diajak berlatih berenang?

Selama 9 bulan di kandungan, bayi sudah terbiasa cairan di sekeliling tubuhnya. Karena itulah sejak lahir bayi telah mempunyai kemampuan instingtif untuk bergerak dibawah air dan tidak takut saat berada di dalam air. Bagaimana dengan berenang di kolam renang?

Pada usia sekitar empat bulan, bayi mempunyai refleks menyelam, yang mencegahnya menelan air saat berada dalam bak mandi atau kolam. Selain itu bayi masih memiliki insting refleks akuatik, yaitu kemampuan untuk segera menarik napas sebelum menyentuh air. Sehingga pada usia tersebut bayi sangat mudah dilatih berenang, yang juga sangat baik untuk melatih koordinasi gerakan otot-otot si kecil.

Pada usia enam bulan, perkembangan otak bayi semakin pesat sehingga insting refleks semakin berkurang. Karena itu, pada usia ini bayi harus kembali belajar menahan napas saat berada di dalam air. Walaupun demikian, refleks menyelam ini tergantikan dengan naluri mengapung dan kemampuan bayi mengatur napas. Hindari bayi tertelan banyak air pada saat latihan.

Untuk usia bayi sampai dengan 6 bulan, cukup 10 menit saja untuk berada di kolam renang.
Usia 6-18 bulan, bayi mulai semakin pintar dan terbiasa dengan berenang. Bolehkan tambah waktu berenang menjadi 30 menit.

Sumber: Majalah bebi, edisi 6

[kontributor: muti dewo]

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , , ,



Related Post

Comments (1)

 

  1. siti mudmainah says:

    Infonya bagus banget deh

Leave a Reply