Bagaimana mengetahui bayi sudah mendapatkan cukup ASI (kenyang)?

August 26, 2010 ASI

Bagaimana mengetahui bayi sudah mendapatkan cukup ASI (kenyang)?

Jika bayi Ibu menyusu setidaknya 10-12 kali dalam 24 jam, dan mendapatkan kenaikan berat badan sekitar setengah kilo gram dalam 1 bulan, dapat menandakan bahwa bayi ibu mendapatkan cukup ASI.

Ciri yang lain, Ibu  juga dapat mengetahuinya pada saat ibu sedang menyusui bayi/saat ibu mendengarnya menelan. Selain itu, payudara Ibu juga harus terasa lebih lembut dan ringan pada akhir menyusui.

Selama beberapa minggu pertama, bayi harus dapat mengompol sebanyak  6-8 kali dan setidaknya 1 atau 2 buang air besar dalam setiap periode 24 jam.

Kadang-kadang, (tapi sangat, sangat jarang) seorang ibu saja tidak cukup ASI sehingga membuat bayi masi kelaparan. Bayi harus diawasi dengan hati-hati untuk tanda-tanda dehidrasi. Berikut ini adalah sangat penting: bayi Anda mungkin akan mendapatkan dehidrasi jika ia kelihatan lemah dan sakit, urin kuning gelap, mulut dan bibir kering, atau jika ubun-ubun di atas kepalanya terlihat masuk. Jika bayi ibu mengalami gejala ini, hal ini cukup serius. Bawalah bayi Anda ke dokter segera jika ia memiliki gejala-gejala tersebut.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , ,



Related Post

Leave a Reply