10 Tips Aman Memberi Makan Pada Bayi

August 15, 2010 Balita 1 tahun, Bayi

10 Tips Aman Memberi Makan Pada Bayi
1.    Jangan pernah meninggalkan bayi Anda sendirian pada saat makan. Jangan jauh-jauh selama waktu makan, dan pelajarilah cara menangani bayi tersedak.
2.    Jangan berikan bayi Anda kacang-kacangan, hot dog, pretzel, keripik, wortel mentah dan barang-barang lain yang dapat menyebabkan tersedak. Berikan bayi Anda makanan yang dihaluskan, bubur, atau mudah larut dalam mulut bayi (seperti biskuit Ritz).
3.    Jangan pernah memberikan madu kepada anak di bawah usia 12 bulan. Beberapa dokter anak bahkan menyarankan untuk menunggu sampai anak Anda lebih dari 18 bulan.
4.    Hati-hati dengan alergen umum seperti selai kacang, jus jeruk, telur, jagung dan gandum. Jika keluarga Anda memiliki riwayat alergi, bicarakan dengan dokter anak Anda tentang makanan yang mungkin harus Anda hindari untuk berapa lama.
5.    Jangan simpan porsi makanan yang tersisa/tidak habis dimakan di dalam lemari es – sebaiknya buang langsung sisa makanan bayi. Air liur dari mulut bayi dapat menyebabkan bakteri tumbuh dalam porsi makanan yang tersisa.
6.    Jangan panaskan makanan untuk bayi Anda dalam microwave. Bahkan jika diaduk secara menyeluruh, beberapa bagian mungkin tetap panas dan bisa membakar lidah bayi Anda. Sebaiknya Anda memanaskan makanan di atas api kecil sambil diaduk merata atau cukup dipanaskan di atas air panas.
7.    Jangan mengurangi asupan lemak bayi Anda ketika makan makanan padat. Bayi Anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari  makanan “rendah lemak” makanan, ia membutuhkan lemak.
8.    Jangan pernah menaruh bubur bayi atau makanan padat lainnya ke dalam botol untuk bayi. Ini bisa menjadi bahaya tersedak dan tidak baik untuk gigi.
9.    Jangan berikan makanan pada bayi di dalam mobil. Kecuali Anda mengawasinya sepanjang waktu (yang berarti Anda tidak melihat jalan! ) Tidak mungkin mendengar kalau dia mulai tercekik.
10.    Hati-hati dengan makanan yang dapat terselip di gigi (seperti kismis). Bersihkan gusi dan gigi bayi Anda dengan kain basah sampai ia cukup umur untuk mengosok gigi.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , , ,



Related Post

Leave a Reply