Perkembangan Bahasa Anak

July 26, 2010 Tumbuh Kembang

Hal-hal yang harus diingat mengenai perkembangan bahasa anak:
1.    Perkembangan bahasa pada anak sangat bervariasi sehingga sangatlah tidak bijaksana untuk membanding-bandingkan anak yang satu terhadap yang lain.
2.    Bahasa anak dapat berkembang dengan sangat cepat/pesat
3.    Perkembangan bahasa anak perempuan umumnya terjadi lebih awal daripada anak laki-laki.
4.    Secara umum, anak balita mengerti lebih banyak kata-kata daripada yang mampu mereka ucapkan. Anda dapat melihatnya bahwa mereka mengerti jika diminta untuk melakukan sesuatu walaupun  mereka mungkin tidak memberikan respon pada kata-kata anda.

Tahap perkembangan bahasa anak secara umum (anak anda belum tentu mengikuti tahap-tahap ini dengan persis sama) :
1.    Usia 12 bulan : ia mulai mengucapkan satu atau dua kata yang dapat anda mengerti, mungkin dia mengatakan “mama” atau “dada”. Ia juga mulai mengerti beberapa perintah sederhana.
2.    Usia 15 bulan : Perbendaharaan katanya bertambah menjadi 5 -10 kata. Ia mulai mengoceh panjang dan mulai terdengar ada beberapa kata yang jelas di sela-sela ocehannya.
3.    Usia 18 bulan : ia mulai mengerti lebih banyak kata-kata yang anda ucapkan padanya. Ia mulai mengerti beberapa kata seperti : bola, jus, susu dll. Ia mungkin sudah dapat menggunakan 2 kata berturut-turut walaupun mungkin mengucapkannya sebagai satu kata.
4.    Usia 24 bulan : seiring dengan berjalannya waktu, anak anda akan mampu mengucapkan dua atau tiga kata dalam 1 kalimat. Pengertiannya terhadap apa yang anda katakan akan semakin baik.
5.    Usia 36 bulan : ketika ia mencapai usia ini ia akan berbicara banyak sekali. Ia sudah memiliki perbendaharaan kata yang sangat banyak dan akan semakin bertambah tiap hari. Panjang kalimatnya akan semakin bertambah menjadi 4-5 kata per kalimat.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membantu perkembangan bahasa anak anda :
1.    Membaca
Kegiatan ini adalah kegiatan yang paling penting yang dapat anda lakukan bersama anak anda setiap hari. Ketika anda membaca, tunjuklah gambar yang ada di buku dan sebutkan nama dari gambar tersebut keras-keras. Mintalah anak anda untuk menunjuk gambar yang sama dengan yang ada sebutkan tadi. Buatlah kegiatan membaca menjadi menyenangkan dan menarik bagi anak anda, dan lakukanlah setiap hari.
2.    Berbicaralah mengenai kegiatan sederhana yang anda dan/atau anak anda lakukan dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
3.    Perkenalkan kata-kata baru pada anak anda setiap hari, dapat berupa nama-nama tanaman, nama hewan ataupun nama makanan yang anda siapkan baginya.
4.    Cobalah untuk tidak menyelesaikan kalimat anak anda. Berikan kesempatan baginya untuk menemukan sendiri kata yang tepat yang ingin dia sampaikan.
5.    Berbicaralah pada anak anda setiap hari, dan pandanglah mereka ketika anda berbicara atau mendengarkan mereka. Biarkan mereka tahu bahwa mereka sangat penting bagi anda.

Jika anak anda tidak memandang anda ketika anda memanggilnya atau ia tidak memberikan respon segera hubungi dokter anak anda. Jika anak anda terlihat memiliki masalah pada perkembangan bahasanya segera hubungi dokter anak anda.

Related Posts with Thumbnails

Tags: , , ,



Related Post

Leave a Reply