Mengenal Warna dan Bentuk Feses Bayi

July 7, 2010 Bayi


Mereka-reka kondisi bayi dari warna dan konsistensi feses/pup bayi memerlukan kejelian karena informasi yang kita terima umumnya sudah dipengaruhi oleh kepercayaan/kebiasaan tradisional.
Berikut adalah kondisi feses bayi yang biasa ditemui dan informasi yang “tersembunyi” dibaliknya :
1.    Warna hijau kehitaman – dikenal dengan nama mekonium. Ini merupakan feses normal bayi pada hari-hari awal setelah dilahirkan, biasanya 2- 3 hari.
2.    Warna hijau kecoklatan – merupakan kondisi normal feses bayi setelah bayi mengenal ASI/susu formula.
3.    Warna kuning kecoklatan – kira-kira 3 hari setelah dilahirkan feses normal bayi yang diberi ASI akan berwarna kuning kecoklatan, berbentuk seperti bubur.
4.    Warna kuning – kira-kira 5 hari setelah dilahirkan feses normal bayi yang diberi ASI berubah menjadi kuning atau kuning kehijauan, bentuknya seperti berbiji-biji.
5.    Warna coklat muda – feses bayi yang diberi susu formula biasanya berwarna coklat muda, lebih padat daripada bayi yang diberi ASI, kadang bercampur dengan warna kuning, coklat kemerahan (tembaga) atau hijau.
6.    Warna coklat tua – bayi yang telah diberi makanan padat biasanya memiliki feses berwarna coklat gelap, terkadang disertai dengan serpihan makanan yang tidak tercerna.
7.    Warna-warna lain – bayi yang telah diberi makanan padat biasanya memiliki feses dengan warna yang “tak biasa”. Misalnya, feses dapat berwarna merah setelah makan sayuran beet atau mengandung warna biru tua karena makanan yang mengandung blueberry, hijau atau orange karena makanan lain.
Perhatian : Segera hubungi dokter anak anda jika feses bayi berwarna hitam, mengandung darah, putih atau abu-abu, mayoritas berupa air, konstipasi.

Related Posts with Thumbnails

Tags:



Related Post

Leave a Reply