Kesehatan Gigi Anak

July 7, 2010 Tumbuh Kembang


Berikut adalah tips merawat gigi balita anda :
1.    Mulailah seawal mungkin
Banyak orangtua yang memiliki pemahaman yang salah mengenai gigi susu. Mereka berpikir bahwa gigi susu tidak perlu dirawat karena nantinya akan tanggal dan diganti dengan gigi permanen. Yang harus disadari adalah kesehatan gigi tidak hanya berlaku pada orang yang memiliki gigi. Kesehatan gusi dan gigi susu adalah modal bagi gigi permanen. Setelah minum susu, gusi bayi sebaiknya dibersihkan dengan kain lembut yang lembab untuk mencegah plak. Menyikat gigi dimulai ketika bayi berusia 6 bulan, yaitu ketika gigi pertama tumbuh.

2.    Gunakan peralatan yang tepat
Lapisan enamel pada gigi susu lebih tipis daripada gigi orang dewasa. Oleh karenanya dibutuhkan sikat gigi dengan ujung sikat yang kecil dan extra soft untuk mencegah cedera pada gusi, dan gunakan pasta gigi non-fluoride sejumlah kecil tiap kali menyikat gigi. Ketika anak berusia 2 tahun, ganti pasta gigi dengan yang mengandung fluoride dan sikat gigi sesuai usianya.
3.    Lakukan secara rutin
Secara ideal, sikat gigi dilakukan setiap kali habis makan atau setidaknya dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur.

4.    Lakukan dengan cara yang menyenangkan
Jangan jadikan sebagai kewajiban tetapi jadikan sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan. Sambil menyanyi atau sambil bercerita.
5.    Periksa kondisi gigi anak dengan teratur dan segera informasikan pada dokter gigi jika terlihat ada tanda-tanda awal kerusakan.
6.    Makan makanan yang baik
Berhati-hatilah terhadap makanan yang anak anda makan. Makanan yang mengandung gula menempel di lapisan enamel. Jangan biarkan bayi/anak anda tidur dengan sisa-sisa susu/juice karena akan mengakibatkan kerusakan pada giginya.

Related Posts with Thumbnails

Tags:



Related Post

Comments (1)

 

  1. Azniaty Jamaliah says:

    Dear Teman Ibu Mengasuh Bayi Balita

    Saya Seorang Ibu dengan Batita saya berusisa 1 Tahun 10 Bulan.

    Saya ingin menayakan, bagai mana perawatan Gigi jika gigi anak saya Patah pada Bagian depan, dikarenakan untuk makan-makan padat sangat sulit sekali.

    Sebelumnya saya sudah berkonsultasi dengan dokter gigi namun tetap anak saya masih susah makan krn sakit setiap mengunyah makanan.

    Mohon sarannya
    Terimakasih

Leave a Reply