Balita Susah Makan

July 17, 2010 Tumbuh Kembang

Apakah balita anda tidak mau makan kecuali makanan tertentu atau malah lebih suka bermain daripada makan apapun?

Berikut tips untuk balita anda agar waktu makan tidak menjadi ajang peperangan :

1.    Hormatilah selera makan anak anda
Anak-anak cenderung makan hanya ketika lapar. Jadiiii ketika anak anda sedang tidak lapar, janganlah memaksanya untuk makan atau sekedar ‘ngemil.

2.    Ciptakan rutinitas
Hidangkan makanan pada waktu yang sama setiap hari. Beri jarak setidaknya 1 jam jika sebelumnya ia minum jus, susu atau makan makanan kecil.

3.    Bersabarlah jika anda sedang memperkenalkan menu baru
Anak-anak biasanya suka menyentuh atau mencium makanan baru dan baru kemudian meletakkan sepotong kecil di mulut untuk kemudian dikeluarkan lagi. Perlu beberapa kali percobaan untuk memperkenalkan makanan baru. Tarik perhatiannya dengan membicarakan warna, bentuk ataupun teksture makanan tersebut, bukan dengan mengatakan makanan tersebut baik untuk kesehatan.

4.    Buat menjadi menyenangkan
Hidangkan sayuran dengan saus favorit-nya atau potong-potong makanan dengan cookie cutter hingga berbentuk lucu (hewan, bunga dll). Tawarkan menu sarapan ketika makan malam.

5.    Minta bantuannya
Saat sedang di supermarket/pasar, minta bantuan balita anda untuk memilih buah, sayuran atau makanan lain. Jangan beli apapun yang tidak boleh mereka makan. Ketika tiba di rumah, minta bantuannya untuk mencuci sayur/buah dan menata meja.

6.    Berikan contoh yang baik dengan makan berbagai makanan sehat. Biasanya anak-anak suka mengikuti.

7.    Kreatif
Tambahkan potongan brokoli ke dalam saus spaghetti, tambahkan potongan buah ke dalam sereal.

8.    Kurangi gangguan pada saat makan
Matikan televisi saat makan dan jangan biarkan ada buku atau mainan pada saat makan.

9.    Jangan tawarkan “dessert” sebagai hadiah
Dessert mengandung banyak gula. Tidak baik untuk kesehatan. Menawarkan dessert sebagai hadiah membuatnya seakan-akan jenis makanan terbaik.
10.    Jangan siapkan hidangan pengganti saat ia menolak tawaran makanan utama. Hal ini hanya akan mendorong dia semakin menjadi “picky eater”.

Jika anda beranggapan kondisi ini membahayakan pertumbuhan dan perkembangannya, segera hubungi dokter. Sementara itu, ingatlah bahwa kebiasaan makan anak-anak memang tidak akan berubah dalam selamam. Akan tetapi tindakan kecil dan sederhana yang anda lakukan setiap hari akan memperbaiki kebiasaan makannya.

Related Posts with Thumbnails

Tags: ,



Related Post

Leave a Reply